5 Cara Dasar Melatih Semua Ras Anjing

      No Comments on 5 Cara Dasar Melatih Semua Ras Anjing

Pada umumnya semua ras anjing dapat dilatih sesuai kemampuan masing-masing, kita dapat melihat sejarah ras, tipe, ukuran tubuh, dan sejarah perkawinan. Pastinya anjing berukuran kecil seperti ras pom akan sangat sulit dilatih untuk membantu menggembalakan hewan ternak ( domba , biri-biri , dsb ) dibanding ras seperti german shepherd atau border colie.

Seringkali kita juga salah memposisikan hewan anjing kesayangan kita. Sebagai contoh apabila anda tinggal di sebuah apartemen dengan ukuran pas untuk keluarga tapi memelihara anjing ras besar seperti dobberman atau mastiff. Bukan niat melarang, akan tetapi ukuran anjing menentukan ruang gerak, makin besar ukuran tentu membutuhkan area yg besar juga untuk melatihnya. Alangkah baiknya bila kita memperhatikan hal tsb sebelum memelihara anjing kesayangan.

Teknik Melatih Anjing

Nah untuk pembahasan kali ini, kita akan menerangkan 5 cara untuk melatih anjing pada umumnya yah..

  1. Usia Emas
    Untuk melatih anjing kesayangan, usia sangat vital. Memelihara anjing baru yang sudah berusia banyak pasti akan lebih susah untuk dilatih dibanding yang masih muda.
    Melatih anjing lebih baik pada usia 3 bulan hingga 1 tahun. Biasanya dalam usia tersebut, anjing akan mengenali lingkungan sekitar & cara mereka untuk beradaptasi.
    Kita dapat melatihnya dalam usia tersebut, dari melatih duduk, loncat, dimana harus buang air kecil / besar, waktu makan
  2. Perhatian Khusus
    Untuk menjadi anjing yang setia & patuh kepada majikan, tentu anda harus memperhatikan hewan peliharan kalian.
    Anda dapat memperhatikan waktu kapan anjing akan buang air kecil / besar, waktu makan, kenapa anjing menggonggong, apa yang dia suka / tidak suka.
    Kenali hal-hal tersebut & latih mereka .
    biasanya anjing akan mengeluarkan gerak-gerik khusus pada saat mereka ingin melakukan sesuatu
  3. Perkenalkan Lingkungan Sekitar
    Dimulai perkenalan anggota keluarga, anjing biasanya akan mencium aroma lingkungan sekitar.
    Lalu anda dapat mengajak hewan peliharan anda keluar dari zona nyaman mereka.
    Contohnya mengajak jalan-jalan ke taman, atau memperkenalkan anjing yg lain.
  4. Berikan hadiah / reward
    Setiap anda melatih anjing anda, alangkah baiknya memberikan sedikit reward seperti makanan kecil. Jangan memberi terlalu banyak.
    Fungsinya agar anjing tahu bahwa apa yang mereka lakukan itu benar & mereka akan memproses hal tersebut hingga terbiasa.
  5. Jangan Terlalu Dimanja
    Tidak disadari apabila kita terlalu saying kepada hewan peliharan, maka mereka akan merasa manja dan akan susah untuk dilatih. Maka dari itu jangan memberikan hal yang tidak sepantasnya mereka terima, contohnya jangan memberikan makanan berlebihan dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *